11 Jun

Dosen Ekonomi Syariah UMLA Pengmas Bersama PCIM Prancis

Paris, 2 Juni 2024 - Dosen Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA), Jawa Timur, mengadakan Pengabdian Masyarakat bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Prancis, Ahad (2/6/2024) Kegiatan ini berlangsung di 9 Rue Robespierre, 95870 Bezons, Paris.

Pengabdian Masyarakat (Pengmas) bertema "Berkurban Membentuk Pribadi yang Peduli, Berempati, dan Berkemajuan" ini bertujuan untuk mempererat tali ukhuwah dan mendalami ilmu agama, terutama dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha. 

Kegiatan ini melibatkan seluruh anggota PCIM Prancis dan dipandu oleh Fakhruddin Arrozi, S.H., M.S., seorang dosen Ekonomi Syariah UMLA.

Fakhruddin Arrozi dalam paparannya menyampaikan bahwa hari raya adalah salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya. Jiwa membutuhkan relaksasi dan kesenangan setelah melakukan ketaatan yang luar biasa. 

"Dalam agama kita, kegembiraan ini diakomodir oleh syariat. Hari raya umat Islam adalah bagian dari syariat agama, sehingga dapat kita katakan bahwa hari raya adalah kegembiraan yang disyariatkan untuk menggantikan hari raya yang tidak syar'i," tuturnya.

Beliau juga menekankan pentingnya memperbanyak takbir di hari raya, sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Acara berlangsung dengan sangat baik dan diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh anggota PCIM Prancis.

Penulis: Zahra...../Editor: Alfain Jalaluddin Ramadlan