26 Jul

UMLA Gelar Seminar dan Sosialisasi Satgas

Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) adakan seminar dan sosialisasi satuan tugas pencegahan kekerasan seksual (SATGAS), Selasa (24/07/2024) di Auditorium Budi Utomo.

Dalam acara tersebut, mengundang dua pemateri, Dr. Adinda Istantina, Sp. KJ spesialis kedokteran jiwa, dan Moh. Saifuddin, S. Kep., Ns., S.Psi., M. Kes, Kepala Layanan bimbingan konseling UMLA.

Dalam pemaparan materi, Dr. Adinda sapaan akrabnya, menyampaikan bahwasanya Indonesia adalah salah satu negara yang banyak terjadi kekerasan seksual, bukan hanya pada kalangan orang dewasa saja, akan tetapi anak kecil, mahasiswa juga bisa berdampak pada kekesaran seksual tersebut.

Beliau juga menjelaskan pentingnya sebuah didikan anak sejak dini, karena anak hanya bisa mencontoh dan meniru apa yang orang tua mereka lakukan, sehingga dengan didikan yang tepat akan membuat pertumbuhan anak semakin baik lagi.

Sementara itu, Pak Saifuddin sapaan akrabnya, juga ikut memaparkan materinya terkait bimbingan konseling. Beliau menyampaikan, bahwa pentingnya sebuah bimbingan konseling kepada orang yang terdampak kekerasan seksual.

“Saya kalau bimbingan konseling bersama anak yang terkena kekerasan seksual mungkin bisa berjam-jam, karena terkadang orang tersebut sulit untuk mengungkapkan masalahnya, makanya perlu menemukan akar permasalahanya terlebih dahulu,” ujarnya

Di akhir acara tersebut, di tampilkan sebuah vidio menarik, terkait ilustrasi bimbingan konseling yang baik, dan terakhir di tutup melalui penanda tanganan penetapan satgas Umla

Penulis : Alfu Laela Majid/Editor : Alfain Jalaluddin Ramadlan