01 Feb

Sosialisasi Gerakan "Gen Z melek Keuangan Syariah" oleh Program Studi Ekonomi Syariah UM Lamongan di SMA Negeri 1 Sukodadi

Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) adakan pengabdian Masyarakat, selasa (30/1/2024) di SMA N 1 Sukodadi

Kegiatan ini bekerjasama dengan guru dan siswa di sekolah SMA N 1 Sukodadi dengan pemateri dari dosen Ekonomi Syari'ah UMLA yaitu, Faricha Maf’ula S.EI., MIFP Elvina Assadam SE., MM, Fifi Hakimi SE., M.SEI, Dita pratiwi kusumaningtyas, Farokhah Muzayinatun Niswah, S.El., M.Si yang membahas tentang “Keuangan syari'ah pada Gen Z”.

Kegiatan ini dilaksanakan di kelas 11 dan 12 pada SMA N 1 Sukodadi dimana siswa di berikan soal pre test sebelum materi disampaikan, dengan tujuan mengetahui pemahaman awal mereka terkait materi yang akan disampaikan. Post test juga diberikan ketika selesai materi untuk mengukur penyerapan materi keuangan Islam setelah disosialisasikan.

Para pembicara menjelaskan tentang pengertian Ekonomi Syariah, Lembaga Keuangan Syari'ah, hal-hal yang dilarang dalam keuangan syariah, serta akad pada keuangan syariah. Siswa diberikan pemahaman bahwa sebagai seorang muslim maka apapun kegiatan yang dilaksanakan haruslah sesuai dengan Syariat Islam, salah satunya adalah dengan menggunakan alat pembayaran yang sudah berlabel halal seperti Bank Syariah Indonesia. 

Peserta sangat antusias dan menikmati penyampaian dari pembicara. Disamping itu bagi siswa yang aktif menjawab mendapatkan dorprise dari pemateri. Diakhir penyampaian materi dilakukan sesi foto bersama siswa kelas 11 dan 12 dengan pemateri.

Harapan diadakan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran Gen Z tentang Keuangan Syariah dan juga mengaplikasikannya dalam kehidupan, sehingga bisa menjalankan kehidupan ini sesuai dengan Syariat Islam minimal bagi diri mereka sendiri dan bagi keluarga para siswa. (Zahra Suci Ramadhani / Alfain Jalaluddin Ramadlan)